Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS, mengingat siswa harus secara aktif mengamati, menganalisis, dan memecahkan masalah sosial. Telah dibuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran yang lebih efektif untuk memecahkan masalah siswa Sekolah Dasar dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang kurang memiliki keterampilan berpikir kritis sangat penting. Selain meningkatkan aspek kognitif, model inkuiri juga mengembangkan unsur emosional dan fisik pesert didik, seperti rasa ingin tahu, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan bekerja sama. Oleh karena itu, dianggap bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dengan demikian, ini adalah pendekatan yang sangat sesuai untuk pendidikan sosial di tingkat dasar karena membantu mencapai tujuan dasar pendidikan.
Copyrights © 2025