Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menguji efektivitas media Wordwall dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang kata benda terhitung dan tak terhitung di antara siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini melibatkan 32 siswa dan dilakukan dalam dua siklus, mengikuti tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, kuesioner, dan catatan lapangan. Hasil pre-test menunjukkan skor rata-rata yang rendah yaitu 45,2, yang menunjukkan pemahaman yang terbatas. Setelah penerapan Wordwall, skor siswa meningkat menjadi 72,8 pada Siklus I dan 89,5 pada Siklus II, dengan semua siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). N-gain pada Siklus II mencapai 0,805, dikategorikan tinggi. Observasi dan tanggapan kuesioner menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan, kepercayaan diri, dan motivasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa Wordwall adalah alat yang efektif dan menarik untuk meningkatkan pembelajaran tata bahasa, terutama dalam membantu siswa memahami konsep abstrak seperti kata benda terhitung dan tak terhitung.
Copyrights © 2025