Dominasi pembelajaran yang berpusat pada guru di sekolah dasar sering kali menghambat partisipasi aktif, kreativitas, dan pengembangan keterampilan penting. Dalam konteks pembelajaran abad ke-21, diperlukan pendekatan inovatif yang dapat mengakomodasi perkembangan kognitif dan sosial emosional siswa secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap berbagai aspek kemajuan peserta didik di sekolah dasar, meliputi kemampuan berpikir kritis, kreativitas, capaian pembelajaran, dan keterampilan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji 20 artikel ilmiah terbitan tahun 2020-2025 yang diperoleh dari Google Scholar dan SINTA. Data dianalisis menggunakan pendekatan metode campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten meningkatkan nilai akademik siswa, mendorong pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan memperkuat komunikasi dan kerja sama dalam pembelajaran kelompok. Secara kuantitatif, peningkatan signifikan terlihat pada skor pretest dan posttest, tingkat ketuntasan belajar, dan indikator kreativitas seperti kelancaran, fleksibilitas, dan kebaruan. Selain itu, penerapan PjBL terbukti mampu mendorong siswa untuk lebih aktif, reflektif, dan bertanggungjawab.
Copyrights © 2025