JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Studi Kualitatif Penerapan Sistem Hybrid Working dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Gen-Z di PT Interactive Surabaya

Kurniati, Aprilia (Unknown)
Pasaribu, Veta Lidya Delimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan sistem hybrid working terhadap motivasi kerja karyawan, mengidentifikasi faktor pendukung, dan penghambat dalam pelaksanaanya, serta memberikan saran strategis bagi perusahaan agar sistem hybrid working dapat lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara terstruktur terhadap karyawan yang telah bekerja dengan sistem kerja remote. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hybrid working memberikan dampak positif terhadap motivasi kerja karyawan. Fleksibilitas waktu dan tempat kerja memungkinkan karyawan menyesuaikan jadwal kerja dengan kebutuhan pribadi mereka, yang berkontribusi pada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Penelitian ini juga menemukan bahwa sistem ini memiliki tantangan yang perlu dikelola dengan baik, terutama dalam hal komunikasi dan koordinasi tim. Kesimpulannya, hybrid working berpotensi meningkatkan motivasi kerja karyawan dengan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan keseimbangan hidup, tetapi tantangan dalam komunikasi dan koordinasi perlu mendapat perhatian serius dari perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...