JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Sistem Visa on Arrival dan Izin Tinggal Terbatas dalam Menarik Wisatawan dan Investor Asing

Baihaqi, Muhammad Aqilla Syafa'atullah (Unknown)
Fadhil, Muhammad (Unknown)
Asekanatmaja, Hazel Athallah (Unknown)
Muhammad, Farrel (Unknown)
Novianto, Muhammad Akbar (Unknown)
Akbar, Rasona Sunara (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sistem Visa on Arrival (VoA) dan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dalam menarik wisatawan dan investor asing ke Indonesia. Dengan perkembangan globalisasi dan persaingan antarnegara dalam sektor pariwisata dan investasi, kemudahan akses menjadi faktor krusial. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber primer dan sekunder terkait pelaksanaan kedua sistem visa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem VoA dan ITAS memiliki potensi besar untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan investor asing, namun masih terdapat kendala berupa birokrasi yang kompleks, regulasi yang kurang harmonis, keterbatasan teknologi, dan pelayanan yang belum optimal. Faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap persepsi dan kenyamanan pengguna dalam mengurus visa dan izin tinggal. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan berupa digitalisasi layanan, penyederhanaan prosedur, peningkatan koordinasi antar lembaga, serta sosialisasi yang lebih intensif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan imigrasi yang lebih responsif dan adaptif, sekaligus mendukung pertumbuhan pariwisata dan investasi di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...