JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kandang Cut Kabupaten Aceh Besar

Siagian, Kharisma (Unknown)
Iskandar, Denni (Unknown)
Hasniyati, Hasniyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri Kandang Cut, Kabupaten Aceh Besar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguasaan kosakata sebagai fondasi keterampilan berbahasa yang meliputi kemampuan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Penguasaan kosakata yang rendah dapat berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami bacaan maupun berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda sebanyak 40 soal yang mencakup empat indikator penguasaan kosakata: menunjukkan kata sesuai perintah, memilih kata sesuai makna, memilih sinonim, dan memilih antonim. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai penguasaan kosakata siswa kelas V SD Negeri Kandang Cut adalah 66,57, masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Tingkat ketuntasan hanya mencapai 46%, sedangkan 54% siswa belum tuntas. Indikator dengan capaian tertinggi adalah memilih kata sesuai maknanya dengan rata-rata 79,6, sementara capaian terendah terdapat pada indikator menunjukkan kata sesuai perintah dengan rata-rata 52,3. Pada indikator sinonim dan antonim, meskipun terdapat siswa yang mencapai kategori sangat baik, masih banyak yang berada dalam kategori kurang. Hal ini mengindikasikan perlunya peningkatan strategi pembelajaran kosakata secara lebih intensif dan kontekstual agar kemampuan siswa lebih merata di seluruh indikator. Temuan ini menunjukkan adanya kesulitan pada beberapa aspek kosakata, terutama dalam memahami instruksi, sinonim, dan antonim. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pembelajaran dengan metode, media, dan latihan yang lebih variatif dan kontekstual agar penguasaan kosakata siswa dapat meningkat secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...