JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pemetaan Materi Buku Ajar Multidisiplin Menggunakan Text Mining dan K-Means Clustering

Mulyono, Agus (Unknown)
Alimudin, M. Aziz (Unknown)
Adbillah, Muhammad Iman (Unknown)
Azhar, Muhammad Aditya (Unknown)
Ramdhani, Rizky (Unknown)
Alfian, Zurnan (Unknown)
Zakaria, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Perkembangan literatur pendidikan multidisipliner memunculkan kebutuhan akan metode yang efektif untuk memetakan materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan topik dari lima buku ajar yang mencakup bidang ekonomi, biologi, dan sosiologi politik. Metode yang digunakan adalah text mining untuk mengekstraksi fitur kata kunci dari masing-masing buku, kemudian dilakukan klasterisasi menggunakan algoritma K-Means. Dataset bersumber dari konten buku ajar yang direpresentasikan dalam bentuk vektor berdasarkan bobot TF-IDF. Tahapan analisis mencakup tokenisasi, penghapusan stopword, pembobotan TF-IDF, dan klasterisasi dokumen berdasarkan kemiripan kontennya. Hasil menunjukkan bahwa algoritma K-Means mampu mengelompokkan dokumen menjadi tiga klaster utama, yaitu ekonomi, sains, dan sosial-politik. Pemetaan ini berkontribusi dalam mendukung pemahaman terhadap struktur isi materi ajar lintas disiplin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...