JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 060871 Medan

Hana, Nur (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Hatmi, Edizal (Unknown)
Usman, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantuan media grafis terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 060871 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan desain Control Group Pretest-Postest Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 060871 Medan berjumlah 88 siswa. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling yaitu kelas V –A dan V-B berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data dapat diketahui bahwa hasil perhitungan rata-rata hasil belajar siswa sebelum mendapatkan perlakuan model Take and Give berbantuan media grafis yaitu sebesar 49,06 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan model Take and Give berbantuan media grafis rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 66,8. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dengan hasil pengujiannya memperoleh nilai sebesar   >  yaitu 2,293 > 2,002. Hal tersebut menunjukkan Hₐ diterima dan H₀ ditolak, sehingga model Take and Give dengan media grafis terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...