Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantuan media grafis terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 060871 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan desain Control Group Pretest-Postest Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 060871 Medan berjumlah 88 siswa. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling yaitu kelas V –A dan V-B berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data dapat diketahui bahwa hasil perhitungan rata-rata hasil belajar siswa sebelum mendapatkan perlakuan model Take and Give berbantuan media grafis yaitu sebesar 49,06 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan model Take and Give berbantuan media grafis rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 66,8. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dengan hasil pengujiannya memperoleh nilai sebesar   >  yaitu 2,293 > 2,002. Hal tersebut menunjukkan Hₐ diterima dan H₀ ditolak, sehingga model Take and Give dengan media grafis terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025