Kegiatan Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler di setiap sekolah yang memerlukan manajemen baik agar pelaksanaannya optimal. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan Pramuka berdasarkan prosedur kegiatan yang penting untuk keberhasilan program. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Pembina, dan siswa Penggalang, dengan pendekatan kualitatif dan data melalui observasi serta wawancara. Analisis mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka yang mengikuti silabus, SKU, dan SKK berjalan efektif dan terarah. Kesimpulannya, pelaksanaan yang terstruktur membantu mengidentifikasi minat dan kebutuhan siswa sehingga pembinaan dapat disesuaikan dengan perkembangan mereka, sehingga Pramuka berperan membentuk karakter sekaligus mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh.
Copyrights © 2025