JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Identifiksi Stakeholders dan Peranannya dalam Melindungi Mahasiswa dari Risiko Pinjaman Online : Studi Kasus di Tiga Perguruan Tinggi Kota Padang

Azzahra, Alisha (Unknown)
Sasmita, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi stakeholders serta menganalisis peran dan batasannya dalam melindungi mahasiswa dari risiko pinjaman online (pinjol) di Kota Padang. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya penggunaan pinjol, termasuk yang ilegal, di kalangan mahasiswa, yang menimbulkan risiko finansial dan psikologis. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholders memiliki peran dalam bentuk edukasi, pengawasan, dan advokasi, namun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan kewenangan, rendahnya literasi digital mahasiswa, serta kurangnya koordinasi antar lembaga. Analisis berdasarkan teori atribut stakeholders dari Mitchell et al,. yang meliputi kekuataan, legitimasi, urgensi, dan kedekatan, menunjukkan bahwa mahasiswa adalah pihak paling terdampak namun paling sedikit mendapat perlindungan menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan perlindungan yang lebih kolaboratif dan terintegrasi dari seluruh stakeholders yang terlibat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...