JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 1 Lambheu

Humairah, Humairah (Unknown)
Nurmasyitah, Nurmasyitah (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila masih tergolong rendah, rendahnya hasil belajar ini disebabkan banyak peserta didik belum menyadari gaya belajar mereka sendiri sehingga mereka kesulitan dalam menemukan cara belajar yang lpaling efektif, akibatnya peserta didik cenderung menghafal materi tanpa benar-benar memahami konsep dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 1 Lambheu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 59 siswa yang terbagi ke dalam kelas IV A dan IV B. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar visual dengan rata-rata skor 39,10, diikuti gaya belajar auditorial dengan rata-rata 36,17, dan kinestetik dengan rata-rata 35,37. Hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata nilai 89,15. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan data homogen, dan uji linearitas menunjukkan hubungan linear antara gaya belajar dan hasil belajar. Namun, berdasarkan hasil uji ANOVA, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 1 Lambheu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...