JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar

Rahmadhani, Chintya (Unknown)
Arif, Khairil (Unknown)
Azzahra, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan rendahnya capaian prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA, yang dipengaruhi oleh kurangnya keterlibatan aktif peserta didik serta terbatasnya penggunaan media yang menyajikan materi secara menarik serta memungkinkan terjadinya komunikasi aktif antara peserta didik dan materi ajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dikombinasikan dengan media flash card terhadap capaian hasil belajar peserta didik pada kelas VII. Pendekatan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode eksperimen semu melalui desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model TGT berbantuan media flash card berjalan sangat optimal, memperoleh tanggapan positif dari peserta didik. Berdasarkan hasil analisis hipotesis yaitu uji-t, didapatkan nilai signifikansi 0,004 < 0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media flash card terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran ini terbukti efektif dalam peningkatan capaian hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...