Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Pendidikan Pancasila berkontribusi dalam membentuk karakter kebangsaan mahasiswa melalui pemahaman terhadap nilai-nilai bela negara. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Bioteknologi Perikanan di Politeknik Perikanan Negeri Tual yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Pancasila. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Analisis dilakukan secara tematik melalui proses reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Pancasila mampu memperkuat karakter kebangsaan mahasiswa. Pemahaman mengenai konsep bela negara berkembang dari perspektif yang sempit, yakni militeristik, menjadi lebih luas dan kontekstual. Mahasiswa mulai memahami bela negara sebagai kontribusi nyata dalam bidang akademik, sosial, maupun keilmuan. Nilai-nilai Pancasila seperti cinta tanah air, gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab sosial tampak mulai terinternalisasi dalam sikap dan perilaku keseharian mereka. Faktor penting yang mendorong proses ini adalah peran dosen serta pendekatan pembelajaran yang kontekstual, reflektif, dan dialogis. Dengan demikian, Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran bela negara sekaligus memperkuat karakter kebangsaan mahasiswa melalui proses pembelajaran yang bermakna dan aplikatif.
Copyrights © 2025