Inspiratif Pendidikan
Vol 14 No 1 (2025): JUNE

Implementation of the Story Method in the Subject of Islamic Cultural History in Instilling Religious Values in Students in Class X of MAN 1 East Flores

Ashhaabal (Unknown)
Yahdi, Muhammad (Unknown)
Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Jurnal ini membahas mengenai Implementasi Metode Cerita Pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dalam penanaman Nilai Keagamaan peserta didik kelas X MAN 1 Flores Timur yang bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui metode cerita dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Flores Timr (2) mengetahui implementasi metode cerita dalam penanaman nilai keagamaan peserta didik pada mata pelajaran sejarah keudayaan Islam di kelas X MAN 1 Flores Timur (3) mengetahui tantangan dan problem penggunaan metode cerita dalam menanamkan nilai keagamaan peserta didik di kelas X MAN 1 Flores Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik, sedangkan sumber data sekunder yaitu profil sekolah dan foto-foto pada saat kegiatan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan ceklis dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu reduksi data, data display (penyajian data), conclusing drawing/verivication (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran yang digunakan di kelas X MAN 1 Flores Timur adalah metode cerita. (1) Implementasi Metode Cerita Pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam cukup efektif Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran yang aktif di kelas serta respon dari peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut. (2) Implementasi metode cerita dalam penanaman nilai keagamaan peserta didik kelas X MAN 1 Flores Timur memiliki peran penting dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam beberapa alasan diantaranya meningkatkan pemahaman dan kedekatan emosional, memperkuat ingatan dan daya Tarik, mengembangkan nilai-nilai moral dan spiritual, dan meningkatkan partisipasi dan keterlibatan peserta didik. (3) problem yang dihadapi dalam menggunakan metode cerita yaitu rendahnya konsentrasi peserta didik yang disebabkan oleh jadwal pelajaran yang ditempatkan di akhir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Inspiratif-Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and ...