Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian tehadap teori hirarki kebutuhan dan pendidkan Agama Islam di PT dan bagaimana. implikasi teori hirarki kebutuhan Maslow dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian kepustakaan, (Library Reseaceh). Untuk Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi serta menggunakan sumber data skunder. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis isi (conten analysis). Teori hirarki kebutuhan adalah suatu teori tentang kebutuhan bertingkat sedangkan Pendidikan Agama Islam merupakan mata kuliah wajib umum yang harus di pelajari oleh mahasiswa muslim di perguruan tinggi umum yang keberadaanya tidak bisa di anggap hanya sebagai mata kuliah tambahan untuk memenuhi SKS. Implikasi dari teori hirarki kebutuan dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi pemasalahan MKU PAI di perguruan tinggi sehingga dengan mencoba memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa dicintai, dihargai dan aktulisaisi diri mahasiswa dapat terpenuhi dengan terpenuhinya kelima kebutuhan tersebut merubah pemikiran mahasiswa akan pentingnya mempelajari MKU PAI. Sehingga merangsang mahasiswa terus meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan prestasi mereka saat ini menuju masa depan yang Gemilang.
Copyrights © 2024