Agrowisata Waru Farm Land merupakan destinasi wisata yang memadukan konsep wisata, edukasi, dan aktivitas wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Agrowisata Waru Farm Land di Desa Tegal Waru, Kabupaten Bogor, serta merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan prioritas untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Data analisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Analisis IFE dan EFE mengidentifikasi 8 kekuatan, 6 kelemahan, 5 peluang, dan 4 ancaman untuk Agrowisata Waru Farm Land. Hasil penelitian menunjukkan skor IFE dan EFE, masing-masing sebesar 3,263 dan 3,294 menempatkan destinasi ini dalam kategori tumbuh dan berkembang. Analisis matriks SWOT menunjukkan 10 alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh Agrowisata Waru Farm Land. Strategi utama yang diprioritaskan adalah melakukan promosi secara konsisten di media sosial dengan konten yang edukatif, memanfaatkan tren pariwisata dan teknologi, dengan skor STAS sebesar 5,213. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkuat daya saing agrowisata secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025