Automata
Vol. 6 No. 2 (2025)

Analisis Literatur Tren Materi, Target Pengguna, dan Platform dalam Game Edukasi Bahasa Inggris

Prabaswara Nurasha, Raden Siliwangi (Unknown)
Sheila Nurul Huda, S.Kom., M.CS. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tren pengembangan game edukasi Bahasa Inggris melalui analisis pustaka terhadap 20 jurnal relevan yang terbit setelah tahun 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan game edukasi sebagai solusi interaktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris, namun belum banyak riset yang mengkaji tren spesifik pengembangannya. Hasil analisis menunjukkan fokus pengembangan adalah pada materi kosakata seperti nama hewan dan buah untuk target pengguna anak usia 8–12 tahun. Dari segi platform, Android menjadi yang paling dominan digunakan (47,4%). Kajian ini menyimpulkan bahwa game edukasi memiliki potensi besar untuk mendorong minat belajar siswa dan hasilnya dapat menjadi acuan bagi pengembang serta pendidik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...