Era Industri 5.0 ditandai dengan integrasi teknologi canggih dan interaksi manusia yang lebih mendalam, membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Artikel ini membahas tentang inovasi dalam pembelajaran jasmani melalui penggunaan mobile learning bagi peserta didik di era Industri 5.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka dimana sumber informasi yang didaptkan melalui kepustakaan seperti buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen, dan lainnya Mobile learning menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas yang tinggi, memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran dan instruksi latihan kapan saja dan di mana saja melalui perangkat mobile. Penggunaan aplikasi khusus, gamifikasi, dan teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, analisis data real-time dari perangkat mobile memungkinkan guru memberikan umpan balik yang lebih personal dan tepat. Namun, keberhasilan implementasi mobile learning memerlukan perhatian terhadap akses teknologi, kesiapan guru, dan dukungan kurikulum yang memadai. Artikel ini menyimpulkan bahwa mobile learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran jasmani dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, interaktif, dan personal, serta mempersiapkan siswa untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi di masa depan.
Copyrights © 2025