Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sepakbola

Rahma Ndhanni, Alvina (Unknown)
Ridwan, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) khususnya melalui aplikasi Canva terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) sepak bola di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berfokus pada rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari materi sepak bola dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design, dengan melibatkan 50 siswa kelas V SDN Kandangan III/621 Surabaya. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi. Hasil analisis data melalui uji paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan video Canva berbasis AI dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penggunaan Canva yang menyajikan materi secara visual, audio, dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan antusiasme, keterlibatan aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi AI dalam media pembelajaran PJOK dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, bermakna, dan memotivasi siswa secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...