Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 3 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Juli

Mengembangkan Aktivitas, Kreativitas, dan Aspek Motorik Halus Dalam Meniru Bentuk Menggunakan Model Pandai Play

Cinantya, Celia (Unknown)
Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas anak, kreativitas, dan aspek motorik halus dalam meniru bentuk. Solusi yang diberikan yaitu melalui model Pandai Play (singkatan dari Project bAsed learNing, DemonstrAsI dengan media PLAYdough). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak, kreativitas serta hasil aspek motorik halus dalam meniru bentuk. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan di TK Adhyaksa XIV Banjarmasin dengan jumlah sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik deskriptif dijabarkan dengan tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat ke kriteria “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat ke kategori “Seluruh Anak Aktif”. (3) Kreativitas anak pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat ke kategori “Seluruh Anak Kreatif”. (4) Hasil perkembangan motorik halus anak pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat mencapai kategori BSH atau BSB. Disarankan penggunaan model Pandai Play dapat digunakan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...