Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media YouTube sebagai alat bantu pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP IT Arisa Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment nonequivalent control group. Sampel berjumlah 47 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan YouTube) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa, ditunjukkan dengan nilai thitung (8.489) > ttabel (1.678) dan signifikansi 0.00 < 0.05. Media YouTube dinilai dapat membantu siswa memahami materi abstrak secara lebih konkret, menarik, serta dapat diakses dan diulang kapan saja sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media digital dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar, khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2025