Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pelaksanaan Sujud Tilawah pada Tadarus Al-Qur’an

Ahmad Riadi Daulay (Unknown)
Nurmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sujud tilawah dalam kegiatan tadarus Alquran oleh ibu-ibu Divisi Wanita Badan Kenaziran Masjid Alikhwan, Dusun III Bandar Setia, selama bulan Ramadhan 1444 H/2023 M. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman, melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sujud tilawah telah dilaksanakan dengan baik oleh 22 peserta tadarus yang terbagi dalam dua kelompok. Semua peserta mampu melaksanakan gerakan dan bacaan sujud tilawah, meskipun sebagian kecil belum sepenuhnya menghafal doa sujud tilawah. Usia peserta berkisar antara 39–72 tahun, dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi dari tingkat SD hingga S3. Pelaksanaan sujud tilawah dilakukan sesuai dengan ayat-ayat sajadah yang terdapat dalam 15 tempat di dalam Alquran yang dibacakan secara bergilir selama tadarus. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengamalan ajaran Islam melalui sujud tilawah dapat berjalan efektif dalam komunitas tadarus, meski tetap dibutuhkan penguatan pemahaman dan hafalan doa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...