Kepala sekolah masih sering diposisikan sebagai manajer administratif, bukan sebagai supervisor pembelajaran yang strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kondisi ini berdampak pada rendahnya efektivitas pembinaan guru di sekolah dasar swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pembelajaran di SD Islam Al Washoya Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilaksanakan secara sistematis, partisipatif, dan berkelanjutan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru, memperbaiki strategi pembelajaran, dan membentuk budaya kerja kolaboratif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pembina profesional guru dalam membangun ekosistem pendidikan yang adaptif dan bermutu di sekolah dasar swasta berbasis pesantren
Copyrights © 2025