Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar

Madyarini, Dyan Desi (Unknown)
Wijayanti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Konsep pendidikan karakter sangat relevan dengan pembelajaran IPS, karena IPS adalah disiplin ilmu yang berfokus pada kajian hubungan dan dinamika interaksi antara individu maupun kelompok dalam lingkup kehidupan bermasyarakat serta kebudayaan yang melingkupinya. Studi ini bertujuan untuk mengkaji bentuk, pendekatan, dan kendala proses internalisasi nilai karakter dalam kegiatan IPS di lingkungan pendidikan dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui studi pustaka untuk menggali data konseptual dan teoritis. Prosedur analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan informasi yang telah diseleksi. Temuan studi mengindikasikan bahwa internalisasi nilai karakter dalam IPS SD efektif dalam menunjang pembentukan sikap serta pembentukan kepribadian siswa. Proses ini dilakukan secara terstruktur melalui integrasi nilai karakter dalam modul ajar, pembelajaran kontekstual dan partisipatif, serta evaluasi reflektif. Penanaman nilai karakter diperkuat tidak hanya melalui pembelajaran, tetapi juga lewat keteladanan guru dan pembiasaan perilaku positif secara konsisten di dalam maupun luar sekolah. Internalisasi nilai karakter di sekolah terkendala oleh orientasi kurikulum yang berfokus pada penguasaan materi, keterbatasan pemahaman guru, minimnya sumber daya, pengaruh negatif media digital, dan lemahnya praktik keteladanan di lingkungan sekolah. Untuk mengatasinya, diperlukan pendekatan komprehensif dan terpadu yang melibatkan kolaborasi antara pendidik, institusi sekolah, orang tua siswa, dan komunitas masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...