Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia

Pancasila dalam Ekspresi Siswa Aktualisasi Nilai dengan Pendekatan Pembelajaran Deep Learning di Sekolah Alam Kendal

Indah Wahyuni, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Di tengah derasnya arus globalisasi dan lunturnya nilai-nilai kebangsaan, pendidikan dasar menjadi benteng terakhir dalam menjaga eksistensi karakter Pancasila di kalangan generasi muda. Namun, pendidikan yang hanya berfokus pada hafalan nilai tanpa penghayatan nyata justru menjauhkan siswa dari esensi Pancasila itu sendiri. Penelitian ini hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan mengeksplorasi bagaimana pendekatan deep learning mampu merevolusi cara siswa sekolah dasar memahami dan mengekspresikan nilai-nilai Pancasila secara konkret dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini dilakukan di Sekolah Alam Kendal, yang secara konsisten menerapkan kurikulum 70% berbasis proyek dan pembelajaran kontekstual. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumentasi terhadap siswa kelas I–VI dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memahami, tetapi juga menginternalisasi nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial melalui pengalaman belajar yang reflektif, kolaboratif, dan bermakna. Pendekatan deep learning terbukti efektif dalam membangun kesadaran moral, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi intrinsik siswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Penelitian ini menegaskan bahwa transformasi pendidikan karakter hanya akan terjadi jika kita berani meninggalkan cara-cara lama dan memberi ruang bagi model pembelajaran yang hidup, relevan, dan menggerakkan kesadaran anak sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...