Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin pada peserta didik di MIN 4 Way Jepara, Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator dalam proses penanaman karakter disiplin. Metode yang diterapkan meliputi keteladanan, nasihat, diskusi, dan pendekatan cinta. Tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya kesadaran pribadi peserta didik yang masih dalam tahap perkembangan. Penanaman nilai-nilai karakter disiplin terbukti meningkatkan kedisilinan serta membentuk karakter moral dan spiritual peserta didik secara signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat krusial dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin, yang berkontribusi terhadap pembentukan karakter peserta didik di MIN 4 Way Jepara, Lampung Timur.
Copyrights © 2025