Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KELAS V SD NEGERI 13 SINGKAWANG

Tiara, Rinda (Unknown)
Marhayani, Dina Anika (Unknown)
Wirawan, Gunta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca kelas yang menggunakanmodel pembelajaran CIRC dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran CIRC siswa kelas V SD Negeri 13Singkawang; 2) mengetahui respon positif siswa terhadap model pembelajaran CIRC kelas V SD Negeri 13 Singkawang.Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain post test only control group design. Populasidalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 13 Singkawang. Sampel pada penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri 13 Singkawang. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar tes soal dan lembar angket respon. Analisis datahipotesis pertama menggunakan t-test 2 sampel dan untuk hipotesis kedua menggunakan statistik deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca siswa memberikanpengaruh kelas V SD Negeri 13 Singkawang hal tersebut ditunjukkan oleh uji t didapatkan bahwa t hitung > t tabel=13,69 > 1,680 artinya Ha diterima dan Ho ditolak; 2) respon siswa pofitif terhadap model pembelajaran CIRC yangditunjukkan dengan persentase rata – rata sebesar 89% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa karena terdapatpeningkatan kemampuan membaca siswa yang diharapkan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...