Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca kelas yang menggunakanmodel pembelajaran CIRC dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran CIRC siswa kelas V SD Negeri 13Singkawang; 2) mengetahui respon positif siswa terhadap model pembelajaran CIRC kelas V SD Negeri 13 Singkawang.Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain post test only control group design. Populasidalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 13 Singkawang. Sampel pada penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri 13 Singkawang. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar tes soal dan lembar angket respon. Analisis datahipotesis pertama menggunakan t-test 2 sampel dan untuk hipotesis kedua menggunakan statistik deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca siswa memberikanpengaruh kelas V SD Negeri 13 Singkawang hal tersebut ditunjukkan oleh uji t didapatkan bahwa t hitung > t tabel=13,69 > 1,680 artinya Ha diterima dan Ho ditolak; 2) respon siswa pofitif terhadap model pembelajaran CIRC yangditunjukkan dengan persentase rata – rata sebesar 89% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa karena terdapatpeningkatan kemampuan membaca siswa yang diharapkan
Copyrights © 2025