Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Putri, Chindi Dwi Ayu Prabowo (Unknown)
Prihastari, Ema Butsi (Unknown)
Jumanto, Jumanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita, Pembelajaran matematika di sekolah melibatkan lebih dari sekadar pemahaman materi; penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang pecahan dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik kelas 4 SDN Madyotaman Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, kuisioner, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar memengaruhi keterampilan berpikir kritis, di mana siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh nilai tertinggi berkat kemampuan mereka menghubungkan konsep matematika dengan aktivitas sehari-hari. Gaya belajar auditorial juga mendukung keterampilan berpikir kritis, tetapi tidak seefektif kinestetik, sementara gaya belajar visual mengalami kesulitan karena kurangnya elemen visual dalam soal cerita. Penyesuaian metode pengajaran sesuai gaya belajar siswa dianggap krusial untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dengan faktor-faktor seperti kebiasaan siswa dan keterampilan guru dalam penyampaian materi juga berperan penting dalam mempengaruhi hasil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...