Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan literasi numerasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Madyotaman dan maple matematika materi bangun ruang semester 2. Metode peneliti menggunakan kuantitatif dan metode eksperimen dalam bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini menggunakan purpopive sampling terdiri dari satu kelompok yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri 16 laki-laki peserta didik dan 9 perempuan peserta didik. Berdasarkan hasil kemampuan penelitian t hitung = 47.253 sedangkan t table = 16.198 Yitu dk = (N-1), jadi (26-1) pada taraf signifikan yaitu 5% sehingga diperoleh pada Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaaan model teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan literasi numerasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Madyotaman Surakarta.
Copyrights © 2025