Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Genengsari 03. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Genengsari 03. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Genengsari 03 yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase minat belajar siswa pada pra siklus yaitu 54,41%, meningkat pada siklus I menjadi 59,55%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 72,79%. Nilai rata-rata kelas pada hasil evaluasi akhir pembelajaran siklus I mencapai persentase ketuntasan sebesar 47%, dan meningkat pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 88,3%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Genengsari 03.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025