Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH

Dwi Melliyawati, Nonie Saphera (Unknown)
Hastuti, Nanda Tantri (Unknown)
Widayati, Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Genengsari 03. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Genengsari 03. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Genengsari 03 yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase minat belajar siswa pada pra siklus yaitu 54,41%, meningkat pada siklus I menjadi 59,55%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 72,79%. Nilai rata-rata kelas pada hasil evaluasi akhir pembelajaran siklus I mencapai persentase ketuntasan sebesar 47%, dan meningkat pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 88,3%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Genengsari 03.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...