Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MATA PELAJARAN TIK DI KELAS VII

Aji, Alam Kuncoro (Unknown)
Sufa, Feri Faila (Unknown)
Widhoyoko, Yudhistiro Pandu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi dan mengetahui penggunaaan google form terhadap mata pelajaran TIK di SMPN 18 Surakarta.  Peneliti masih melihat adanya pemberian tugas dan materi menggunakan media konvensional berbasis kertas, menjawab tugas yang dikerjakan secara manual menggunakan kertas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis bersifat induktif/kualitatif. Pada penelitian kualitatif ini data dikumpulkan dalam kondisi yang asli atau alamiah, metode pengumpulan data berdasarkan pengamatan dan wawancara. Tujuan penggunaan media google form agar memudahkan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat siswa dalam mengerjakan tugas , kemudian siswa maupun guru dapat dengan mudah mengakses. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran google form mampu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran TIK dengan hasil 80% melalui wawancara pada guru dan siswa aktif pada saat siswa diberi tugas melalui media pembelajaran google form dengan tahapan siswa diberi tugas dan diberi waktu untuk mengumpulkan. Rata rata siswa mengerjakan dengan tepat waktu,dapat disimpulkan bahwa  minat siswa meningkat setelah adanya media pembelajaran google form. Keterbatasan penelitian ini  adalah belum mengetahui pengaruh penggunaan google form untuk meningkatakn minat siswa dalam pelajaran TIK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...