Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA RUMAH BOLON TAPANULI TENGAH

Mailani, Elvi (Unknown)
Irma, Irma (Unknown)
Putri, Putri (Unknown)
Nadin, Nadin (Unknown)
Lena, Lena (Unknown)
Nurrarastika, Nurrarastika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki etnomatematika yang ada di Tapanuli Tengah dan mengaitkannya dengan materi dasar geometri yang diajarkan di sekolah dasar. Penelitian ini menyelidiki berbagai artefak budaya, kerajinan tradisional, dan pola dalam kehidupan sehari-hari orang Tapanuli Tengah yang memiliki elemen geometris. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam budaya Tapanuli Tengah terdapat berbagai bentuk etnomatematika yang berkaitan dengan materi geometri sekolah dasar. Misalnya, bentuk dua dimensi pada motif ulos, gagasan simetri dalam arsitektur rumah adat, dan pola geometris pada anyaman tradisional. Untuk mempertahankan kearifan lokal dan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep geometri, temuan ini dapat diIntegrasikan ke dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Menurut penelitian ini, eksplorasi etnomatematika Tapanuli Tengah dapat menjadi sumber belajar kontekstual dan relevan ketika diajarkan konsep dasar geometri di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...