Jurnal Jendela Matematika
Vol. 3 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Juli 2025

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar

Hamidah, Fitri Nur (Unknown)
Inganah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar VARK (Visual, Audio, Read/Write, dan Kinestetik). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Batu. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII yang masing-masing mewakili satu gaya belajar berbeda. Penelitian ini menggunakan kuisioner gaya belajar, pedoman wawancara, dan dua soal matematika kontekstual. Soal kontekstual disusun berdasarkan indikator berpikir kreatif menurut Torrance (1996), yaitu kelancaran, kebaruan, fleksibilitas, dan elaborasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar yang berbeda memiliki kecenderungan tertentu untuk menampilkan elemen berpikir kreatif. Siswa dengan gaya belajar visual menunjukkan elaborasi dan fleksibilitas, siswa dengan gaya belajar Audio menunjukkan kelancaran, siswa dengan gaya belajar membaca dan menulis menonjol dalam kelengkapan penjabaran, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan kebaruan dan keaktifan dalam menyelesaikan soal. Hasil ini menunjukkan bahwa gaya belajar memengaruhi cara siswa berpikir kreatif saat menyelesaikan masalah matematika kontekstual. Oleh karena itu, memahami gaya belajar siswa dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat strategi pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan kreativitas matematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...