Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 2 (2023): Bioedusiana

Discovery Learning Berbantu Video Ekosistem Taman Hutan Rakyat Wan Abdul Rachman Lampung dan Efektifitasnya terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Tanggung jawab Siswa

Wiono, Wisnu Juli (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Perseta didik tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan tetapi juga harus memiliki sikap yang akan berguna selama proses pembelajaran dan masa mendatang. Proses pembelajaran harus memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek termasuk sikap tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbantu video ekosistem Taman hutan rakyat Wan Abdul Rachman (Tahura WAN) terhadap hasil belajar kognitif dan responsibility siswa salah satu SMAN di Pesawaran. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non ekuivalen. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol dengan teknik random sampling. Data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji independent sample t-test sedangkan sikap responsibility siswa dianalisis dengan uji One-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,0000,05 untuk hasil belajar kognitif dan 0,0040,05 untuk repsonsibility terhadap Tahura WAR. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari penerapan discovery learning berbantu video ekosistem Tahura WAR terhadap hasil belajar kognitif dan responsibility siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...