Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah Di Madrasah Ibtidiiyah (Mi) Di Kota Pekanbaru

Yanda, Sefri (Unknown)
Helmiati, Helmiati (Unknown)
Jamal, Andi Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada dinamika perubahan kurikulum yang dipicu oleh faktor-faktor eksternal seperti tejadinya pandemi COVID-19 dan urgensi teknologi abad ke-21.kurikulum merdeka mulai dilaksanakan secara bertahao pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran deskriptif mengenai proses implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah, serta menganalisis secara mendalam berbagai upaya adaptasi dan inovasi yang dilakukan oleh guru-madrasah ibtidaiyah Kota Pekanbaru dalam mengaplikasikan kurikulum merdeka mandiri berubah. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed method) dengan desain sekuensial eksploratori. Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif, termasuk survei dengan kuesioner, wawancara mendalam dengan pihak terkait, observasi langsung di kelas, serta analisis dokumentasi. Informan utama meliputi kepala sekolah dan guru, didukung oleh data dari siswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang melibatkan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini mengindikasikan adanya persepsi yang sangat positif dari guru maupun siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di MI Kota Pekanbaru, ditunjukkan dengan nilai rata-rata persepsi yang tinggi (guru: 4,2; siswa: 4,1 pada skala Likert). Secara kuantitatif, analisis korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kualitas perencanaan pembelajaran oleh guru dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (koefisien korelasi r=0,75). Demikian pula, teridentifikasi hubungan positif yang substansial antara kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa (koefisien korelasi r=0,80). serta mendapatkan respons yang konstruktif dari seluruh pemangku kepentingan. Meskipun demikian, efektivitas implementasi kurikulum ini memerlukan perhatian serius terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru, penguatan dukungan infrastruktur teknologi, serta adaptasi yang progresif dalam manajemen pembelajaran di tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur ilmu pendidikan, serta menjadi referensi penting bagi Kementerian Agama dan pihak terkait lainnya dalam merumuskan kebijakan dan strategi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agama di Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...