Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Analisis Permasalahan Implementasi Kurikulum Dan Sistem Penilaian Holistik Dalam Pendidikan Dasar: Kajian Literatur Untuk Perumusan Kebijakan Berbasis Inovasi

Novriandi, Novriandi (Unknown)
Hafizul, Hafizul (Unknown)
Dilfa, Rahmathul (Unknown)
Safitri, Wahyuni (Unknown)
Sinta, Sinta (Unknown)
Yulastri, Weni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang muncul dalam implementasi kurikulum dan sistem penilaian holistik di pendidikan dasar, serta merumuskan rekomendasi kebijakan berbasis inovasi melalui studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam implementasi kurikulum Merdeka adalah kurangnya kesiapan guru, perubahan regulasi yang cepat, serta terbatasnya sumber daya pendidikan. Sementara itu, penilaian yang masih berfokus pada aspek kognitif dinilai belum mencerminkan pendekatan holistik. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah sebelas artikel ilmiah nasional dan internasional. Implikasi dari penelitian ini menyarankan kebijakan inovatif seperti pelatihan guru berkelanjutan, penguatan komunitas belajar, dan pengembangan sistem penilaian berbasis teknologi yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...