Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process pada Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan

Kurniawijaya, Putu Andhika (Unknown)
Karsana, I Wayan Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penilaian kinerja karyawan dalam suatu perussahaan diukur selama periode tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya.Penilaian prestasi penting bagi setiap karyawan dan berguna bagi perusahaan untuk menetapkan tindakan kebijakan selanjutnya sehingga dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Perusahaan dalam prakteknya mengalami masalah dalam melakukan penilaian kinerja karyawan karena masih menggunakan lembar penilaian hardcopy yang harus diisi dengan butir kriteria penilaian kinerja oleh pimpinan.Hasil penilaian yang dilakukan kadang bersifat subyektif atas dasar kedekatan dengan pimpinan dan suka atau tidak suka dengan salah satu karyawan sehingga permasalahan penilaian kinerja karyawan menjadi tidak akurat dan tidak adil. Dari permasalahan yang ada, maka diperlukan sebuah sistem informasi pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan berdasarkan kriteria penilaian yang bersifat obyektif.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode AHP yang diterapkan pada sistem penilaian kinerja karyawan menggunakan 5 kriteria yaitu integritas, kerjasama, orientasi pelayanan, disiplin dan komitmen. Pengujian hasil validitas pada sistem dilakukan dengan menggunakan perbandingan perhitungan manual dan hasil dari sistem setelah dilakukan komparasi adalah valid dengan tingkat rata rata validitas sebesar 98%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...