Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Aplikasi Layanan Pemerintah Dalam Pengelolaan Retribusi Daerah: Studi Kasus Penerapan Sistem Digital Pada PT Masinfo Teknologi Indonesia

Khairunnissa, Putri (Unknown)
Agustina, Putri Syafira (Unknown)
Ginting, Sthevhents Heber (Unknown)
Rafif, Muhammad Akmal (Unknown)
Bagus, Muhammad Dwi (Unknown)
Kurniawan, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Retribusi daerah merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik. Namun, dalam praktiknya, pengelolaan retribusi sering menghadapi berbagai kendala, mulai dari ketidakteraturan administrasi, kebocoran penerimaan, hingga rendahnya transparansi. Untuk mengatasi hal tersebut, berbagai pemerintah daerah mulai mengadopsi sistem layanan digital berbasis aplikasi dalam mengelola retribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam implementasi aplikasi layanan pemerintah dalam pengelolaan retribusi, dengan fokus pada studi kasus penerapan sistem oleh PT Masinfo Teknologi Indonesia. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode deskriptif analitis untuk menggambarkan realitas dan menganalisis data yang diperoleh dari dokumen resmi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi layanan digital mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan retribusi, memperkuat transparansi, serta mempercepat proses pelaporan dan pembayaran. Artikel ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan tata kelola retribusi berbasis teknologi informasi yang akuntabel dan adaptif terhadap tantangan digitalisasi pemerintahan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...