Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Sekolah Dasar

Pahrianti, Mila (Unknown)
Ilyas, Ilyas (Unknown)
Muni, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu aspek yang penting dalam proses mencapai keberhasilan pembelajaran di sekolah ataupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 024 Sungai Beringin, Tembilahan. Aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat diakses di sekolah maupun di rumah. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang menarik dan mudah digunakan, serta dilengkapi materi sesuai kurikulum, kuis, video, game edukatif, dan fitur auto-exit untuk membatasi waktu penggunaan. Fitur-fitur ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, dan menanamkan nilai-nilai karakter Islami. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap yaitu, konsep (concept), desain (design), pengumpulan material (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Pengujian aplikasi menggunakan standar ISO 9126 dengan aspek Functionality dan Usability, dengan hasil 100% dan 81,94%. Hasilnya menunjukkan aplikasi berjalan stabil, fitur berfungsi baik, mudah dipahami siswa, dan mendapat respon positif karena mampu meningkatkan minat, pemahaman, serta mendukung pembentukan karakter sesuai ajaran Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...