Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Peran Determinan Self Regulation Learning Terhadap Academic Burnout Mahasiswa

Aprianti, Kartin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta besarnya pengaruh secara parsial dan simultan manajemen penguatan Self Regulation Learning (SRL) regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku terhadap academic burnout. Populasi dalam riset ini adalah seluruh mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 100 responden. Instrumen penelitian dengan kuesioner skala likert. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for Windows. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku memiliki berpengaruh singnifikan terhadap academic burnout. yang artinya jika regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku tinggi maka academic burnout yang dialami akan semakin rendah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa jika regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku tinggi maka academic burnout yang dialami akan semakin rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...