Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta besarnya pengaruh secara parsial dan simultan manajemen penguatan Self Regulation Learning (SRL) regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku terhadap academic burnout. Populasi dalam riset ini adalah seluruh mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 100 responden. Instrumen penelitian dengan kuesioner skala likert. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for Windows. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku memiliki berpengaruh singnifikan terhadap academic burnout. yang artinya jika regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku tinggi maka academic burnout yang dialami akan semakin rendah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa jika regulasi kognisi, regulasi motivasi dan regulasi perilaku tinggi maka academic burnout yang dialami akan semakin rendah.
Copyrights © 2025