Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Peran Dan Pengimplimentasian TIK Dalam Ranah Publikasi Di PP Darussalam Blokagung Banyuwangi

Rosyidah, Hanik (Unknown)
Rahmawati, Arju Sarira (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran serta pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam ranah publikasi di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan akan keterbukaan informasi, lembaga pesantren dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi, tidak hanya dalam aspek pendidikan tetapi juga dalam pengelolaan dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Dalam konteks ini, TIK memiliki potensi besar untuk memperkuat sistem publikasi pesantren melalui berbagai media digital seperti website resmi, media sosial, kanal YouTube, buletin elektronik, hingga aplikasi komunikasi internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap kegiatan publikasi yang dijalankan di pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TIK telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan visibilitas pesantren di masyarakat, mempercepat penyampaian informasi, serta membangun citra positif lembaga. Selain itu, partisipasi aktif santri dalam kegiatan publikasi menjadi salah satu indikator berkembangnya literasi digital di lingkungan pesantren. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan teknis, dan minimnya SDM yang kompeten masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Dengan strategi yang tepat, pemanfaatan TIK dapat menjadi instrumen strategis untuk mendorong modernisasi publikasi pesantren yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...