Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan metode Vaughan sebagai suatu solusi terhadap rendahnya minat dan pemahaman siswa-siswi dalam pelajaran matematika di SMPN 1 Demon Pagong. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, yang menyebabkan banyak siswa siswi dalam kesulitan memahami konsep-konsep matematika. Penelitian ini juga menggunakan model pengembangan multimedia Vaughan yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, desain dan produksi, pengujian, serta distribusi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Demon Pagong sebanyak 80 orang. Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, kuisioner, serta pengujian pretest dan posttest. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar, dengan rata-rata efektivitas mencapai 78%. Media yang dikembangkan dinilai layak dan efektif untuk digunakan dalam media pembelajaran matematika, serta mampu meningkatkan motivasi dan minat hasil belajar siswa. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah.
Copyrights © 2025