Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Pelaksanaan Pembelajaran Kriya Kayu Pada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Pembina Yogyakarta: Implementation Of Wood Craft Learning For Intellectual Disability Children At SLB Negeri Pembina Yogyakarta

Anugerah, Viona Aura Sukma (Unknown)
Hartono, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan pendidikan bagi anak tunagrahita sebagai bekal hidup mandiri dan produktif di masa depan. Anak tunagrahita memiliki hambatan dalam perkembangan intelektual yang memerlukan pendekatan pembelajaran khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran kriya kayu dan mengidentifikasi faktor penghambat serta pendukung dalam proses pembelajaran tersebut di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kriya kayu dilaksanakan dengan penyesuaian tujuan, materi, metode seperti ceramah interaktif, pemaparan lambat dan berulang, tanya jawab sederhana, serta penggunaan media sederhana. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses dan hasil karya siswa. Faktor pendukung meliputi pengalaman guru, interaksi antara guru dan siswa, serta sarana pembelajaran yang memadai. Faktor penghambatnya mencakup keterbatasan konsentrasi dan karakteristik siswa yang beragam. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kriya kayu berjalan dengan baik terhadap kebutuhan siswa yang dapat meningkatkan keterampilan serta kemandirian anak tunagrahita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...