Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Peran Resilience dalam Memperkuat Pengaruh Proactive personality terhadap Career adaptability pada Mahasiswa MBKM Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Mokodompit, Caisar (Unknown)
Musoli (Unknown)
Samsudin, Mohammad Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Pada tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Penelitian ini menawarkan asumsi kepada para mahasiswa yang telah mengikuti program tersebut agar dalam menghadapi berbagai hal dalam beradaptasi pada karir, perlu di intervensi ataupun di mediasi oleh ketahanan diri yang kuat dalam mengahadapi berbagai kesulitan yang datang setelah melalukan berbagai inisiatif dari kepribadian proaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data Non-probability serta alat pengumpulan data Kuesioner dan dilakukan pada 127 Mahasisw Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang telah mengikuti program MBKM. Pengujian yang di lakukan meliputi Uji Statistik Desktiptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Uji Hayes PROCESS untuk menguji variabel mediasi. Adapun hasil penelitian yang di temukan pada H1 Proactive personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Career adaptability, H2 Proactive personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Resilience. H3 Resilience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Career adaptability. H4 Resilience memediasi pengaruh Proactive personality terhadap Career adaptability. Dengan begitu hasil ini bisa memberikan wawasan penting bagi pengembangan program pendidikan dan pelatihan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, di mana peningkatan Proactive personality dan Resilience dapat berkontribusi pada peningkatan Career adaptability mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...