Media Trend: Berkala Kajian Ekonomi dan Studi Pembangunan
Vol 20, No 1 (2025): MARET

Factors Influencing the Increase in E-Banking Adoption in Rural Communities (Case Study of Batang Kuis Community)

Prayogo, Irgi (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)
BI Rahmani, Nur Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan adopsi e-banking di masyarakat pedesaan, khususnya di wilayah Batang Kuis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keuntungan dan keamanan yang dirasakan merupakan faktor dominan yang mendorong adopsi e-banking di kalangan masyarakat pedesaan di Batang Kuis. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan menyelaraskan dengan Teori Utilitas, yang menyatakan bahwa manfaat yang dirasakan dan manfaat aktual merupakan pendorong utama adopsi teknologi individu. Berdasarkan temuan-temuan ini, studi ini merekomendasikan peningkatan langkah-langkah keamanan, peningkatan literasi keuangan melalui program-program pendidikan, dan peningkatan infrastruktur di daerah pedesaan untuk mendorong adopsi e-banking yang lebih besar. Hal ini memerlukan kolaborasi antara lembaga keuangan dan lembaga pemerintah. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, termasuk ukuran sampel yang terbatas dan cakupan variabel yang terbatas. Penelitian di masa mendatang dapat memperluas sampel dan menggabungkan rentang variabel yang lebih luas untuk pemahaman yang lebih komprehensif tentang adopsi e-banking di lingkungan pedesaan.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MEDIATREND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Economic Development Program provides a platform for researchers who want to publish their research results through "MEDIATREND", the periodical Journal of economic studies and development studies. Journal "MEDIATREND" published two (2) times a year in March and October and can be accessed online. ...