Pelaksanaan pembiasaan ibadah di sekolah merupakan bagian penting dari pendidikan karakter Islami. Salah satu kegiatan yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal adalah pembiasaan shalat dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembiasaan shalat dhuha, faktor pendukung dan penghambatnya, serta dampak terhadap karakter religius peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha dilaksanakan secara rutin setiap pagi sebelum kegiatan belajar, didukung oleh komitmen sekolah dan guru PAI. Namun, terdapat kendala seperti keterlambatan siswa dan kurangnya kesadaran spiritual sebagian peserta didik. Dampak positif program ini adalah tumbuhnya kebiasaan ibadah sunnah, ketenangan jiwa, dan peningkatan karakter disiplin. Kegiatan ini sesuai dengan ajaran Islam, sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an dan hadits yang menganjurkan shalat dhuha. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pembinaan spiritual secara terus menerus untuk mendukung keberlanjutan program.
Copyrights © 2025