Pembelajaran berbasis teori dalam pendidikan kurang memberikan pemahaman yang aplikatif kepada mahasiswa. Kelemahan utama dari pendekatan ini karena kurangnya keterlibatan langsung mahasiswa dalam kegiatan di lapangan. Pembelajaran kontekstual merupakan pendekatan yang mengintegrasikan materi pembelajaran dengan pengalaman di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan melatih kemampuan manajerial dalam manajemen itik pedaging di lapangan. Kabupaten Kotawaringin Barat dipilih sebagai lokasi kegiatan karena memiliki potensi peternakan itik yang masih dapat dikembangkan. Adapun Metode yang digunakan dalam pembelajaran kontekstual meliputi sosialisasi materi, praktek lapangan, serta teknik evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui pre-test yang dilakukan sebelum kegiatan dan post-test dilakukan setelah kegiatan, untuk mengukur peningkatan kapasitas pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran kontekstual. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test, yaitu sebesar 43,83% yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kegiatan pembelajaran secara kontekstual sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sebagai salah satu langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2025