Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 2 (2025)

Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Gandapura Aceh: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

Tanjung, Dahri (Unknown)
Ayuningtyas, Gilang (Unknown)
Syahwani, Asty Khairi Inayah (Unknown)
Rivtryana, Disya Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

SMKN 1 Gandapura-Aceh telah ditetapkan sebagai bagian dari Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Maret 2024, dengan fokus pada bidang Agribisnis Ternak. Permasalahan yang dihadapi sekolah ini terutama kualitas guru yang bervariasi, fasilitas Teaching Factory (TEFA) yang belum memadai, kemitraan yang masih terbatas dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), serta terbatasnya pengembangan soft skill siswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan vokasi terhadap kebutuhan DUDIKA melalui berbagai kegiatan strategis. Dengan demikian kegiatan ini dilakukan di SMK N 1 Gandapura, khususnya di program keahlian Agribisnis Ternak. Pelaksanaan pendampingan dari Agustus sampai Oktober 2024. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan metode wawancara langsung dan online menggunakan kuesioner, diskusi terfocus dan pengamatan. Responden terdiri dari 20 siswa, 4 guru, Kepala Sekolah dan 1 orang perusahaan mitra. Pengolahan data menggunakan Skala Likert dan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan analisis before and after.  Kegiatan pengabdian ini terdiri dari pendampingan dan menjadi narasumber.  Implementasi kegiatan menunjukkan hasil positif sebagai berikut: dilakukan penyelarasan kurikulum berbasis industri, penguatan kompetensi guru melalui magang industri (2 orang), peningkatan kompetensi siswa melalui program persiapan magang internasional ke Jepang (sebanyak 15 siswa), dan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Employment”. Selain itu, sekolah berpartisipasi dalam Teaching Factory One Day Expo yang memamerkan produk unggulan susu kambing dan telur puyuh dalam kemasan. Sekolah ini juga menyelenggarakan Job Fair yang melibatkan 14 mitra industri guna menjembatani siswa dengan dunia kerja. Selanjutnya analisis before and after menunjukkan peningkatan kondisi TEFA (20%), jumlah ternak (33,3%), jumlah guru magang (200%), kompetensi siswa (mengikuti Training Bahasa Jepang sebanyak 15 orang), peningkatan sinergi sekolah dan industri (200%).  Demikian juga dengan persepsi siswa meningkat antara 28,57% - 53,92%.  Untuk lebih optimalnya program ini, maka arah tindak lanjut ke depan antara lain programnya perlu terus dilanjutkan terutama dalam penguatan pada pengadaan berbagai peralatan Teaching Factory

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

reswara

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Reswara adalah Jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dharmawangsa (LPkM UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika ...