Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji motivasi berwirausaha siswa kelas Xl Pemasaran di SMKN 01 Kota Bengkulu, (2) mengkaji minat berwirausaha siswa, dan (3) menganalisis pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel sebanyak 62 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan minat berwirausaha siswa berada pada kategori sedang. Penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi siswa maka semakin besar pula minat berwirausahanya.
Copyrights © 2025