SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya
Volume 20, Nomor 1 (April 2025)

INTEGRASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Manda, Darman (Unknown)
Darmayanti, Dyan Paramitha (Unknown)
Arifin, Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji integrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kearifan lokal dalam pendidikan multikultural di Polewali Mandar, daerah kaya budaya. Tujuan utama adalah menumbuhkan toleransi, penghormatan keberagaman, dan kebanggaan identitas lokal sesuai nilai Pancasila. Pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologis melibatkan 16 informan: delapan guru, empat siswa, dan empat orang tua dari lima sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur. Hasil menunjukkan integrasi P5 melalui tradisi lokal seperti Sayyang Pattu’du (kuda menari) dan Mapande Banua (ritual membangun rumah) memperkaya pembelajaran dengan menghubungkan nilai Pancasila dan budaya lokal. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan sumber daya, pelatihan guru yang kurang, dan variasi pemahaman siswa terhadap budaya lokal, integrasi ini berdampak positif pada karakter siswa. Siswa lebih menghargai keberagaman budaya, memiliki identitas nasional yang kuat, dan keterampilan sosial yang meningkat. Guru dan orang tua melaporkan keterlibatan siswa yang lebih tinggi serta kebanggaan terhadap warisan budaya. Penelitian menekankan perlunya dukungan lebih, seperti pengembangan sumber daya lokal, pelatihan guru, dan keterlibatan orang tua. Penelitian lanjutan dianjurkan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dan membandingkan praktik di wilayah lain guna menemukan pendekatan terbaik integrasi kearifan lokal dalam pendidikan multikultural. Integrasi ini memperkuat karakter siswa dan identitas budaya Indsnesia di era global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

supremasi

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

egal Studies: Criminal law, civil law, constitutional law, human law, customary law, Islamic law, government and regional autonomy. Pancasila and Civic Education: Studies of the state foundation and ideology, democracy, conflict resolution, nationalism, Pancasila and civic education, national ...